Bumn VS Startup - Pilih Mana ? Ini Bedanya..


Gen Z dan Millennial harus terbiasa dengan istilah Bumn dan Startup. Kedua jenis perusahaan ini bahkan telah menjadi mimpi bagi hampir semua orang. Dengan gaji dua digit yang cukup menggoda, semua orang bersaing untuk dapat bekerja di dua jenis perusahaan ini. Tetapi, jika Anda harus memilih untuk bekerja di Bumn atau startup, mana yang Anda pilih?

Berdasarkan hukum nomor 19 tahun 2003 Pasal 1, Bumn adalah entitas bisnis yang semua atau bagian dari modalnya berasal dari negara. Jadi, Bumn sangat terkait erat dengan pemerintah. Sementara itu, Startup itu sendiri adalah perusahaan startup atau operasi baru dan masih dalam fase pengembangan. Lebih khusus lagi, startup juga akrab sebagai perusahaan perintis dengan ruang lingkup bisnis berbasis teknologi.

Meskipun sama -sama keren, ada perbedaan mendasar antara Bumn vs Startup. Ini tentu saja kurang lebih akan memengaruhi cara Anda beradaptasi saat masuk ke dalamnya. Mari kita lihat apa perbedaan antara Bumn vs Startup sehingga Anda bisa mendapatkan gambar di mana tempat yang tepat untuk memulai karir Anda!

Gaji karyawan

Gaji yang diberikan oleh Bumn jelas aturan dengan manfaat dan bonus sementara ada beberapa startup yang tidak memberikan manfaat.

Hal pertama yang membedakan Bumn dan Startup adalah gaji, tunjangan, dan bonus untuk karyawan. Bumn sudah memiliki peraturan yang jelas tentang gaji dan tunjangan lainnya, teman. Mengenai nominal tergantung pada posisi Anda di perusahaan dan berapa lama Anda bekerja di sana. Terkadang, ada juga perusahaan yang cenderung sulit dalam menaikkan gaji meskipun Anda telah bekerja selama bertahun -tahun.

Bagaimana dengan gaji di startup? Meskipun perusahaan masih dalam tahap pengembangan, itu tidak berarti bahwa gaji karyawan startup kecil, teman. Beberapa bahkan melebihi gaji karyawan Bumn. Alasannya, startup ingin membuat orang yang kemampuannya memenuhi syarat untuk memajukan bisnis itu sendiri. Hanya saja, tidak semua startup memberikan manfaat seperti Bumn.

Budaya kerja


Bumn lebih kaku dan terstruktur saat startup identik dengan fleksibilitas.

Jika teman -teman myskill adalah orang biasa dan disiplin, Anda sangat cocok untuk bekerja di Bumn. Anda lihat, peraturan di perusahaan ini sangat jelas dan diatur, mulai dari jam kerja, perhitungan lembur, dan sebagainya. Oleh karena itu, budaya kerja dan jam kerja juga cenderung kaku. Hirarki posisi sudah cukup sehingga ada batasan yang harus Anda patuhi. Setiap karyawan Bumn harus menerapkan rasa hormat dan kesopanan.

Kasus lain dengan startup. Perusahaan ini lebih fleksibel daripada Bumn. Jam kerja juga tidak monoton, beberapa bebas bekerja di kantor atau di rumah. Hubungan dan batasan antara posisi tidak sekuat perusahaan yang dimiliki negara. Jadi, komunikasi antar karyawan lebih sederhana dan lebih cepat.

Lokasi kerja

Ruang kerja dalam BUMN terpisah, berbeda dengan startup yang menggunakan ruang terbuka untuk karyawan mereka.

Biasanya, tempat untuk bekerja di perusahaan milik negara telah diatur sedemikian rupa untuk memposisikan atau divisi. Jadi, kamar Anda bekerja tidak bercampur dengan karyawan lain. Kamar dan kamar karyawan akan berbeda.

Kasus lain dengan startup. Secara umum, perusahaan ini masih menggunakan ruang terbuka ruang terbuka di mana semua karyawan bekerja tanpa hambatan. Komunikasi dan pertukaran ide menjadi lebih mudah. Tapi, itu tidak mengesampingkan kemungkinan startup yang ruang kerja dipisahkan serta Bumn.

Jalur Karier

Aturan mengenai promosi telah diatur di BUMM, berbeda dengan startup yang masih bergantung pada pengembangan perusahaan.

Seperti yang telah kita bahas di atas, Bumn sudah memiliki aturan permanen tentang segala sesuatu di perusahaan, termasuk urusan promosi. BUMN cenderung lebih stabil daripada startup. Aturan promosi di startup masih belum jelas, tergantung pada pengembangan perusahaan ke depan.

Namun, jika Anda ingin mempelajari bidang baru dan meningkatkan pengembangan diri, startup dapat dicoba, teman. Jumlah sumber daya manusia cenderung kecil sehingga Anda dapat mengembangkan diri di berbagai bidang yang Anda inginkan. Sementara itu, dalam BUMN aturan dan posisi kerja jelas sehingga kadang -kadang sulit untuk mencoba hal -hal baru.

Bagaimana, teman? Baik BUMN dan startup harus memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Pemilihan tempat untuk bekerja dan karier tergantung pada perspektif masing -masing individu. Sangat penting bagi pencari kerja sehingga penelitian pertama sebelum memutuskan di mana harus melamar pekerjaan. Jangan ceroboh, teman!

Oh ya, ada informasi menarik bagi Anda yang ingin meningkatkan kompetensi Anda atau yang bersiap untuk mencari pekerjaan di BUMN atau startup.

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url