Tips Sebelum Melamar Pekerjaan Di Website

 


Melamar pekerjaan adalah sebuah aktivitas yang membutuhkan banyak persiapan. Banyak persyaratan dan kualifikasi yang harus mereka penuhi untuk mendapat pekerjaan impian. Nah, di era digital saat ini, meskipun butuh banyak persiapan, untungnya sudah banyak sistem lamaran kerja yang bersifat online. Salah satunya melalui platform atau website lowongan kerja. Namun, sebelum melamar, kamu juga perlu menyiapkan banyak hal. 

Saat melamar pekerjaan, satu hal yang tidak boleh terlupa yaitu cek dan riset agar kamu bisa menentukan pekerjaan yang tepat sesuai jobdesk pilihan karier. Terlebih lagi, website yang ternyata memiliki banyak sisi yang perlu kita ketahui dan bahkan waspadai.

Yuk, simak beberapa tips berikut sebelum melamar pekerjaan di website agar lamaran yang kamu apply bisa lolos!

Cari tahu tentang perusahaan yang akan kamu lamar

Pernahkah kamu mendengar istilah, “Sebelum mencapai titik gunung, kita perlu tahu dahulu isi yang ada di dalamnya”? Nah, sesuai dengan kalimat tersebut, sebelum tertarik dengan lowongan kerja di suatu perusahaan, Sobat perlu tahu dulu perusahan seperti apa yang dituju.

Hal tersebut akan membantu Sobat untuk membuat plan dan target yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Selain itu, kamu juga akan terhindar dari penipuan yang marak terjadi di website atau online.

Pahami Sumber Informasi Lowongan Pekerjaan 

Sebelum mencari tahu tentang perusahaannya, alangkah lebih baik jika kamu juga mencari tahu dari mana sumber lowongan kerja tersebut berasal. Jika memang jobseeker website yang kamu akses adalah valid dan terpercaya, maka Sobat bisa coba untuk apply lamaran. Jangan lupa cross check juga pada media sosial perusahaan terkait, bisa melalui LinkedIn atau pun Instagram. Eh, kamu sudah tengok informasi lowongan kerja di sini belum?

Tingkatkan branding dengan menjalin koneksi di sosial media

Di zaman yang serba canggih ini, personal branding itu penting ya, Sobat MySkill. Untuk mulai melakukan personal branding, bangun koneksi dengan HRD dari berbagai perusahaan atau dengan teman yang sudah bekerja lebih dulu di company tujuanmu. 

Tak hanya meningkatkan personal branding, menjalin koneksi akan membantu kamu lebih percaya diri untuk memberikan yang terbaik saat akan melamar kerja. Salah satu media sosial yang paling ampuh untuk personal branding adalah LinkedIn.

Riset Mendalam Soal Pekerjaan

Nggak ada salahnya untuk riset tentang kualifikasi dan jobdesc pekerjaan dari sebuah perusahaan sebelum Sobat memutuskan untuk apply. Kamu dapat menganalisa, kira-kira apa yang recruiter cari dari kandidat untuk memenuhi sebuah posisi pekerjaan. Saat ini, banyak fitur dan kelas persiapan karier yang bisa membantumu, Mulai dari bootcamp, review CV, webinar, dan lain sebagainya.  

Pahami cara kerja website

Seperti yang kita tahu, platform atau website lowongan kerja adalah perantara antara kandidat dengan perusahaan yang sedang hiring. Sebelum submit lamaran, pastikan Sobat sudah memahami bagaimana cara kerja platform tersebut. Pahami cara kerja website itu agar kamu dapat mengatur strategi yang tepat dan siap bersaing saat apply posisi.

Nah demikian, 5 tips Sebelum Melamar Pekerjaan di Website. kamu sudah pernah coba yang mana, nih? Kalau belum, coba ikuti setiap langkahnya sebelum mulai untuk melamar kerja, ya! Semoga bermanfaat!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url